Carica, Pepaya Mini Khas Dieng

Pepaya gunung atau karika (sering ditulis carica, Vasconcellea cundinamarcensis, syn. Carica pubescens) adalah kerabat pepaya yang menyukai keadaan dataran tinggi basah, 1.500-3.000 m di atas permukaan laut. Daerah asalnya adalah dataran tinggi Andes, Amerika Selatan. Pepaya mini yang banyak tumbuh di Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah ini, pada waktu lalu juga ditemukan di daerah Batu, Malang, Jawa Timur.

Tumbuhan mirip pohon walaupun sesungguhnya adalah terna raksasa, karena batangnya tidak membentuk jaringan kayu (lignin). Tinggi dapat mencapai 10m dengan sedikit cabang. Buahnya berbentuk peluru dengan panjang 6-15cm dan lebar diameter 3-8cm, dengan lima sudut memanjang dari pangkal ke ujung; sewaktu muda berwarna hijau dan menjadi kuning atau jingga di saat masak. Daging buah harum dan berwarna kuning kepucatan dan jika dimakan cenderung asam rasanya. Getahnya bisa terasa sangat gatal jika tersentuh kulit. Carica jarang dimakan langsung dan lebih tepat jika dibuat manisan. Manisan Carica adalah komoditas khas daerah dataran tinggi Dieng dan Wonosobo dan biasanya dijual dalam botol-botol selai ukuran 230 dan 350 gram. Setelah jadi manisan rasanya manis dan texturenya seperti buah mangga. Yang istimewa adalah saus atau air manisan yang terbuat dari biji Carica. Selain manis, aromanya juga harum dan mengundang selera. Seperti pepaya, buahnya mengandung banyak papain, enzim yang mampu mendegradasi protein ("proteolitik"). Dan ini adalah oleh-oleh istimewa khas Wonosobo.
  1. Saya Mahasiswa Fklts Pertanian Jrsan Teknologi Hasil Pertanian UNS Solo. Saya sedang meneliti aktifitas enzim papain dalam pembuatan keju nabati. Tetapi saya kesulitan mencari tinjauan tentang pepaya karika khas Wonosobo. Mohon bantuan Saudara. Terima Kasih. Ijin ngopi ya?
    tomimuwuh.blogspot.com
    tomimuwuh.blog.uns.ac.id
    umarbakriberjaya.cmsindo.com

  1. bleh saya tahu... dman jual benih carica Candamarcensis dieng...
    trimakasih sbelumnya...
    fyanwiwiet@yahoo.co.id

  1. bolehkah saya tahu tempat produksi carica dieng dengan label yang sesuai dengan gambar tersebut. sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih. kancil3sakti@gmail.com