Pegunungan Dieng - Wonosobo


Dieng adalah sebuah kawasan di daerah dataran tinggi di perbatasan antara Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Desa Dieng terbagi menjadi Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara dan Dieng Kidul, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.
Kawasan ini terletak sekitar 26 km di sebelah Utara ibukota Kabupaten Wonosobo, dengan ketinggian mencapai 6000 kaki atau 2.093 m di atas permukaan laut. Suhu di Dieng sejuk mendekati dingin. Temperatur berkisar 15—20°C di siang hari dan 10°C di malam hari. Bahkan, suhu udara terkadang dapat mencapai 0°C di pagi hari, terutama antara Juli—Agustus. Penduduk setempat menyebut suhu ekstrem itu sebagai bun upas yang artinya "embun racun" karena embun ini menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian.

Note : Gambar kawah , Candi Arjuna, dan Peta Dieng

Obyek Wisata :
Beberapa peninggalan budaya dan cagar alam telah dijadikan sebagai obyek wisata dan dikelola bersama oleh dua kabupaten, yaitu Banjarnegara dan Wonosobo. Berikut beberapa obyek wisata di Dieng.

* Telaga Werna, sebuah telaga yang sering memunculkan nuansa warna merah, hijau, biru, putih, dan lembayung
* Telaga Pengilon
* Kawah: Sikidang, Sileri, Sinila (meletus dan mengeluarkan gas beracun pada tahun 1979 dengan korban 149 jiwa)
* Kompleks Candi-candi Hindu yang dibangun pada abad ke-7, antara lain: Gatotkaca, Bima
* Gua Semar
* Sumur Jalatunda
* Mata air Sungai Serayu

Nama Dieng berasal dari bahasa Sunda Kuno "Di" yang berarti "tempat" atau "gunung" dan "Hyang" yang bermakna (Dewa). Dengan demikian, Dieng berarti daerah pegunungan tempat para dewa dan dewi bersemayam. Nama Dieng berasal dari Bahasa Sunda karena diperkirakan sebelum tahun 600 daerah itu didiami oleh Suku Sunda dan bukan Suku Jawa. (Sumber: wikipedia).

Candi-candi di Dieng dipercaya sebagai tanda awal peradaban Hindu di Pulau Jawa pada masa Sanjaya pada abad ke-8. Hal ini ditunjukkan dengan adanya gugusan candi di Dieng yang konon untuk memuja Dewa Syiwa. Candi-candi tersebut antara lain: Candi Arjuna, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, Candi Sembadra, Candi Gatot Kaca. Sedangkan untuk penamaan candi-candi itu sendiri dipercaya baru dimulai pada abad ke-19. Hal ini ditunjukkan dengan adanya relief-relief yang ada pada candi tersebut. Misalnya pada Candi Srikandi, relief yang terlukis justru merupakan penggambaran dari wujud Dewa Syiwa. Candi-candi tersebut dibangun dengan menggunakan konstruksi batu Andesit yang berasal dari Gunung Pakuwaja yang berada di Selatan komplek Candi Dieng.

Dieng terbentuk dari gunung api tua yang mengalami penurunan drastis (dislokasi), oleh patahan arah barat laut dan tenggara. Gunung api tua itu adalah Gunung Prau. Pada bagian yang ambles itu muncul gunung-gunung kecil yaitu: Gunung Alang, Gunung Nagasari, Gunung Panglimunan, Gunung Pangonan, Gunung Gajahmungkur dan Gunung Pakuwaja.

Beberapa gunung api masih aktif dengan karakteristik yang khas. Magma yang timbul tidak terlalu kuat tidak seperti pada Gunung Merapi. Sedangkan letupan-letupan yang terjadi adalah karena tekanan air bawah tanah oleh magma yang menyebabkan munculnya beberapa gelembung-gelembung lumpur panas. Fenomena ini antara lain dapat dilihat pada Kawah Sikidang atau Kawah Candradimuka .

Untuk antisipasi terjadinya bahaya vulkanik Direktorat Vulkanologi dan MITIGASI Bencana Geologi secara terus menerus memantau aktifitas vulkanik di Pegunungan Dieng.

Dieng memang tempat yang elok dan damai serta menyimpan sejuta tantangan gairah para ilmuwan untuk melakukan penelitian. (Sumber : www.savedieng.org )




  1. baru sekali ke dieng itu juga dulu pas kls 2 SD, kemarin pas lebaran pengen plesiran ke sana tapi gak jadi, tahun depan x ya...

  1. OK, makasih juga atas atensinya. Mari kita majukan Wonosobo bersama-sama

  1. sya seorangmurid SMA di Sumedang Jabar yg akhir juni lalu melakukan studi tur ke dieng. sekarang, saya dkk. diwajibkan u/ membuat karya tulis. u/ itu, saya memerlukan peta dieng yg klo tidak salah dibagi mnjdi 6 wilayah. u/ saya memohon agar peta tsb ditampilkan. terimakasih sebelumnya. saya sangat mengharapkan bantuan Anda.

  1. Wis suwe ora mangan karika,kepingin rasane mangan maning.dulur ayo tetep njaga Dieng lan Wonosobo ben tetep asri.Katonake Wonosobone.Aja buang sampah sembarangan dulur

  1. jembatan yang longsor cepat diperbaikin dong mas!!!

  1. jembatan yang longsor cepat diperbaikin dong mas!!!

  1. saya bermaksud datang ke diaeng...klo dari jkt kta melewati wisata apa aj ya????trus d wonosobo slain dieng pa lgi wisatany????klo dri wonosbo k dieng brp lama???

  1. Temen-temen aku dari KCDj (King's Club Djakarta) pada tgl 24 desember 2009 akan berwisata ke Dieng.tenetunya dengan mengendarai sepeda motor...setelah aku lihat-lihat foto yg menggambarkan objek wisata Dieng..waahh pastinya sejuk banget..jd pengen ikutan...

  1. liburan kali ini sangat menanatang dengan jalur yang sangat extrim di tambah cuaca super dingin.... dieng platueau menambah keindahan negri di atas awan..bos follow balik aku

  1. gilaaa... ada candi di puncak gunung keren sekali. hebat bener orang jaman dulu http://morincirebon.blogspot.com/

  1. q dh prnh ke dieng tp yum pernah ktmu sama anak yg rambutnya gembel....
    ktnya mbok masih banyak di dieng anak2 yg kya gtu

  1. q dh prnh ke dieng tp yum pernah ktmu sama anak yg rambutnya gembel....
    ktnya mbok masih banyak di dieng anak2 yg kya gtu

  1. save dieng...salam hijau..slam lestari..

  1. saya dan teman2 mau ke Dieng, ada info tentang penginapan dll?? Thx.

  1. Jadi pengen jalan-jalan ke Dieng lagi ...:)
    mudah-mudahan wonosobo bisa lebih mengembangkan pariwisatanya ...

    http://gracetravelingdiary.blogspot.com/

  1. perlu penataan ulang...

  1. perlu penataan ulang... caricanya mak nyusss,,, hehe...

  1. jangan lupa 1 lagi yaw....
    gak lengkap maen wonosobo lo blum ngrasaen mie ongklok, carica n purwacengnya.......

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  1. kesan saya pertama kali saat ke Dieng adalah falling in love. begitu indah dan bersejarah. tidak kalah sejuk dan nyaman dari gunung muria tempat saya tinggal. terima kasih telah mengijinkan saya menikmati keindahan Dieng yang menawan

  1. aduuhh,, maaf tidak bisa jawab satu persatu, tapi insyaAllah pertanyaan2 dari temen2 semua akan dipostingkan di blog. jadi, terus kunjungi blog ini ya... :)
    terima kasih atas sarannya dan terima kasih telah berkunjung :)