Wonosobo Rawan Tanah Longsor dan Angin Ribut

Sabtu, 03 November 2007 14:20
Wonosobo Rawan Tanah Longsor dan Angin Ribut

Kapanlagi.com - Memasuki musim penghujan sejumlah daerah di Kabupaten Wonosobo rawan terhadap bencana tanah longsor, banjir, dan angin ribut.

Kepala Dinas Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Wonosobo, Aziz Wijaya di Wonosobo, Sabtu, mengatakan, dari 15 kecamatan yang ada di Wonosobo seluruhnya rawan tanah longsor dan bencana banjir, sedangkan delapan kecamatan di antaranya rawan bencana angin ribut.

Ia mengimbau kepada masyarakat Wonosobo agar mewaspadai datangnya bencana memasuki pergantian musim kemarau ke musim penghujan tahun ini.

"Sebaiknya jika terjadi bencana, masyarakat segera melapor ke posko bencana di masing-masing kecamatan dan kantor desa setempat agar secepatnya bisa ditangani," katanya.

Ia menyebutkan 15 kecamatan yang rawan tanah longsor yakni Kecamatan Wonosobo, Kertek, Selomerto, Leksono, Garung, Kejajar, Mojotengah, Watumalang, Kalikajar, Sapuran, Kepil, Kaliwiro, Wadaslintang, Sukoharjo, dan Kalibawang.

Sedangkan delapan kecamatan yang rawan bencana angin ribut meliputi Kecamatan Wonosobo, Kertek, Garung, Kejajar, Mojotengah, Kalikajar, Sapuran dan Kepil.

Ia mengatakan, upaya antisipasi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Wonosobo terhadap kemungkinan terjadinya bencana tersebut, telah melakukan sosialisasi ke seluruh desa di Wonosobo melalui kecamatan masing-masing.

Selain itu, katanya, memberikan pelatihan penanggulangan bencana alam pada Tim SAR, anggota Linmas, aparat desa dan kecamatan.

"Kami juga mendirikan sejumlah posko bencana di setiap kantor desa dan kecamatan," katanya. (*/cax)

  1. matur nuwun sitenya, aku jd bangga tunjukin ke bosku "ini lho... Wonosobo..."
    kalo bisa banyakin fto2nya semua sudut wonosobo (berhubung aku blm bisa motret sendiri...) biar bisa ngrayu majikanku ikut aku pulang ke Wonosobo thn 2010 nanti.

  1. terima kasih masukannya :)
    gimana bos'nya? sudah jadi diajak pulang ke wonosobo? :)